TENTANG ADANI I

Sunday, May 08, 2005

Mother's Day


Selamat hari Ibu...! Kalau di Indonesia kita merayakan Hari Ibu tanggal 22 Desember, tapi kalau di sini Mother's Day tanggal 8 Mei. Hari ini adalah my second mother's Day. Senang, bahagia, haru, semuanya campur aduk rasanya setelah menjadi seorang ibu. Senang melihat keluarga kita bahagia, sehat, anak yang lucu dan menggemaskan. Alhamdulillah diberi kekuatan untuk menjalani tugas menjadi ibu. Semoga teman-teman juga diberi kekuatan dalam menjalani tugas mulia ini.

Berbicara mengenai Hari Ibu, jadi ingat dengan Ibu saya yang sudah tiada. Semenjak kuliah saya tinggal di Yogya terpisah dari orang tua yang tinggal di Jakarta dan hanya setahun sekali ketemu ibu, karena beban kuliah, praktikum dan tugas jaga ke Rumah Sakit di luar kota yang padat. Bahkan kadang saat Idul Fitri pun saya tidak sempat pulang ke Jakarta karena harus jaga malam di Rumah Sakit, akhirnya bapak dan ibu yang mengunjungi saya. Selesai kuliah bukan berarti saya bisa kembali tinggal bersama orang tua. Setelah lulus saya menikah lalu bekerja, tetap tinggal di Yogya sehingga frekuensi ketemu orang tua pun dapat dihitung dengan jari.

Kemudian pada saat saya melahirkan, meski sakit Ibu tetap masih memaksakan diri menunggui saya melahirkan di Yogya. Tetapi setelah Fasha lahir ibu sudah tidak dapat berbuat banyak terhadap cucu barunya, cucu pertama, seperti eyang-eyang baru yang lain. Ibu sudah kepayahan menggendong, menina-bobokan dan memandikan cucunya. Tetapi bagi saya itu sudah sangat berarti.

Terkadang sampai saat ini saya menyesal tidak sempat berbuat banyak untuk orang tua terutama kepada ibu. Kebaikan ibu tidak dapat kita balas sebanyak beliau memberikan kepada kita. Kalau saja waktu ini bisa diulang, ingin rasanya saya kembali ke masa lalu dengan lebih banyak mengisi waktu bersama ibu. Tapi itu tidak mungkin terjadi. Saya sekarang hanya bisa berdoa semoga Ibu dapat tenang dan bahagia disisi-Nya. Amien.

Saya mengutip tulisan dari salah satu milis yang saya ikuti mengenai jasa seorang Ibu. Pertama kali saya membaca puisi ini saya sedih dan terharu, karena ingat almarhumah Ibu. Semoga tulisan ini dapat menjadi semangat kita.

KAPAN TERAKHIR KITA MENCIUM IBU?

Saya berharap Ibu kita masih ada.
Betapa menyesalnya, bila telah tiada.
Ketika kita lahir menangis,
Ibu ketawa, semua orang tertawa gembira

Ibu yang pertama kali dan setiap saat mencium kita, dulu.
Kini Ia akan terus melakukannya,
sayang kita merasa tidak perlu.
Tanpa pamrih ia lakukan.
Dengan kasih sayang penuh Ia berikan.

Ketika kita ingusan, Ia rela menghirup
Ingus kita dengan mulut manisnya.
Ketika kita sakit, ia ikut sakit.
Ketika kita tidak bisa tidur, ia ikut ikut lembur.
Ketika kita tak mau makan,
ia korbankan apa saja agar kita makan.

Apa yang bisa kita lakukan saat ini?
Coba kita lakukan, setelah membaca
puisi ini, begitu ketemu, cium Ibu.
Bila jauh, angkat telepon, minta ampun

Saya bayangkan Ibu akan meneteskan air mata.
Air mata ketulusan kasih sayang seorang Ibu

Bila kita mati buatlah sebaliknya.
kita ketawa gembira, setidak-tidaknya tersenyum.
Sementara Ibu dan seluruh kerabat kita
yang ditinggal menangis sedih

Sungguh kita tidak tahu, bagaimana
keadaan kita nanti ketika mati.
Apakah bisa tertawa,
atau malah Ditertawakan !

Semoga bermanfaat

Hasan Basri (yang sudah tidak bisa mencium ibu yang sudah fana)



9 comment(s):

beruntung banget aku mamaku masih ada kadang merasa berdosa juga terlalu merepotkan mama, apalagi disaat begini...

By Blogger danty, at 6:56 PM, May 08, 2005  

wah mbak, kalo udah ngomongin masalah Ibu..berjuta penyesalan menyesakkan dada ini:( Beliau meninggal pas saya baru di Jerman sini, dan ndak bisa pulang hiks.

Happy mother's day ya mbak Heni..

By Blogger Zubia and Yusuf's Mom, at 7:41 PM, May 08, 2005  

happy mother's day too ya hen... :)
iya euy, yang pertama bagiku... hehehe..

jadi kangen ibuuuuwww...
ibuuuww...!!!

By Anonymous Anonymous, at 10:38 PM, May 08, 2005  

happy mothers day yah hen..

emang kerasa bgt nih buat gw, kalo lg jauh gini dr nyokap.. kangen beraaattt... :D
pengen pulang deeeehhh...

By Anonymous Anonymous, at 11:00 PM, May 08, 2005  

Happy mother's day ya, hen :)
Puisinya bagus banget.... tiba2 sedih aja bacanya.... emang ibu nga ada 2 nya deh :)

By Anonymous Anonymous, at 10:43 AM, May 09, 2005  

happy mother's day hen :). aku tugas diii.. emmm... kampung yg gak jauh dari kota. kantor yg isinya sebagian besar engineer muda di bawah 40 tahun :D

By Anonymous Anonymous, at 1:01 AM, May 10, 2005  

Ini SMS yang de kirim ke mama dan mami saat hari ibu desember lalu. sekarang de kirim untuk kamu:

degup kasihmu membuai mata hati.
ada teduh pada iramanya.
ada damai pada biramanya.
seteduh dan sedamai hatimu Ibu.
selama hari ibu

By Anonymous Anonymous, at 2:43 AM, May 10, 2005  

heen, hepi belated mothers day ya..
insyaAllah kita dikaish kesempatan utk jd the best moms..jadi jalan juga buat orang tua kita ke syurga huhuhu..jadi pengen mewek hiks...

By Blogger jengnadnet & isya-ayya, at 6:21 AM, May 13, 2005  

Hen, happy belated hari ibu ya..

Jadi trenyuh baca puisinya.. jadi inget dosa2ku terhadap ibu.. hiks..hiks...

By Blogger agnes, at 12:56 PM, May 14, 2005  

Post a comment

<< Home