TENTANG ADANI I

Tuesday, June 14, 2005

Titan Arum dan Terrace Fest

Image hosted by Photobucket.comHm, memang summer begini enaknya jalan-jalan. Hampir tiap hari kita keluar rumah. Seperti week end ini, meski hari panas terik kita ke kampus untuk melihat mekarnya bunga Titan Arum.

'menyebrang jalan sendirian menuju Green House'

Bunga Titan Arum atau nama latinnya Amorphophallus titanum biasa kita kenal dengan nama Bunga Bangkai. Kita datang ke The Botany Greenhouse di Birge Hall yang masih di dalam lingkungan kampus untuk melihat si bunga bangkai ini.

Image hosted by Photobucket.comWaktu kita pertama masuk ke Green House itu ruangannya dingin karena pakai AC, tapi pas mau masuk ke tempatnya Titan Arum langsung jadi panas. Baunya juga, wah... :P. Nggak kebayang deh. Heran juga kok bisa di ruangan AC itu udaranya jadi panas. Ternyata setelah saya baca Biology of the Titan Arum, bunga yang berasal dari Sipirok, Sumatra Barat ini memang akan mengeluarkan hawa panas selama mekar. Ini terbukti dari thermal photographs of the Titan Arum selama mekar.

Kok bisa ya? Bau bangkai yang dikeluarkan itu berasal dari gabungan senyawa sulfur yang tidak dapat diubah menjadi bentuk gas dengan mudah. Tanaman ini memanaskan dirinya sendiri untuk melepaskan 'parfum' nya. Bau bertambah menyengat, menarik banyak serangga dan meningkatkan proses penyerbukan.

Untuk memanaskan diri, bunga bangkai membakar simpanan karbohidrat, yang merupakan rantai pendek proses respiratory dasar. Makin banyak energi yang dikeluarkan untuk memanaskan diri, makin pendek waktunya bila mekar. Makanya bunga bangkai ini akan mekar hanya beberapa hari. Umumnya Titan Arum mekar hanya dalam waktu 2 hari dan selanjutnya menjadi layu.

Udah gitu bunga ini tinggi banget. Tingginya lebih dari 8 feet. Biasanya tinggi tanaman ini di hutan sekitar 20 feet dan diameter kelopaknya bisa mencapai 15 feet ! Baru kali ini saya lihat bunga besar dan tinggi seperti ini. MasyaAllah, kebesaran Allah tiada bandingannya. Kagum dan takjub ... :).

Keesokan siangnya saya dan Fasha mengunjungi Terrace Fest. Summer Festival yang diadakan di Memorial Union UW-Madison, ditepi danau Mendota. Letaknya ya tetanggaan sama kantornya mas Dadit. Tapi mas Dadit nggak ikut karena masih sibuk di kantor :(.

Image hosted by Photobucket.comSaya dan Fasha berangkat bersama dengan Mbak Genti- mas Joko dan Rachel (anaknya), juga Anisa, temannya. Disana kita ketemu kak Yuli dan Frances, anaknya. Wuih, rame sekali, sampe mau jalan aja susyah... :).

'Kiri-kanan : Anisa, Rachel, mbak Genti, Heni dan Fasha, Kak Yuli (topi coklat), dan Frances (topi biru)'

Dari promosi di selebaran, di festival ini akan diadakan acara konser musik, sulap, panjat tebing, banyak didirikan booth atau tenda makanan dan sponsor juga ada free ride water vehicle, seperti canoe, speed boat, sailing boat, dan Wisconsin ducks. Wisconsin ducks itu kendaraan seperti phonton yang bisa di darat dan di laut. Dulu memang kendaraan amphibi ini digunakan pada Perang Dunia II.

Image hosted by Photobucket.comTujuan utama saya dan teman-teman yang lainnya ke festival ini ya naik Wisconsin ducks. Soalnya jarang-jarang kita naik ini. Ducks ini hanya ada di Madison kalau ada acara festival aja. Apalagi saya udah ngebayangin serunya si bebek ini nyebur ke danau :D. Tapi ya ampun.... antrinya aja panjang benerrrr ! Duh, akhirnya kita bagi 2 kelompok. Mbak Genti, mas Joko, Kak Yuli dan Frances antri, lalu saya, Fasha, Rachel dan Anisa keliling-keliling stand buat cari stempel.

Image hosted by Photobucket.comAda hadiah kecil-kecilan untuk anak-anak yang datang kalau bisa melengkapi Pasport Card yang diberi panitia dengan stamp / cap dari sponsor. Ada 8 sponsor yang harus dimintai cap, jadinya saya ikut keliling anak-anak itu. Panas-panas tapi mesti keliling, wah, gerah... ! Tapi seru banget... :). Saya juga ikutan cari stempel untuk Fasha lho. Dan hebatnya Fasha nggak rewel selama kita keliling naik turun tangga, berpanas-panas ria demi mengejar stempel. Sampai keluar banyak keringat. 'Kagum deh bunda sama Fasha :) ' .

Iya, kita nggak hanya cari tanda tangan di luar gedung, tapi juga di dalam gedung Memorial Union. Bisa dihitung dengan jari saya masuk ke gedung ini. Seneng deh lihat interior gedungnya. Apalagi langit-langitnya. Pakai dilukis segala kayak langit-langit kerajaan Inggris *kayak yang pernah ke Inggris aja, hehehe... :P*. Cantik deh...:).

Image hosted by Photobucket.comPas mampir ke tendanya Alumni UW Madison ada pembagian balon gratis dan kita bisa masang tattoo gambarnya Bucky si Badger, Maskotnya Wisconsin. Tapi Fasha nggak mau tangannya di pasang tattoo-tattooan itu. Padahal lucu lho...:). Meski Fasha udah dapet balon satu, lihat balon lepas nggak ada yang punyapas kita mau makan es cream di restorannya Fasha minta diambilin. ya, jadinya saya ikat balon dua-duanya ke tangan kanan-kirinya Fasha. Hehehe, geli lihatnya. 'Awas, ntar terbang lho nak...:D'

Belum selesai keliling cari cap, kita harus segera lihat progresnya antrian ducks. Untungnya pas kita lihat, mbak Genti cs belum naik ke ducks. Kita tinggal nunggu 1 rombongan di depan, baru deh giliran kita yang naik.

Image hosted by Photobucket.comDi dalam ducks, Fasha duduk dipangku saya. Saya nggak berani kalau kita duduk dipinggir. Takut Fasha gerak-gerak minta pegang air. Tapi ternyata Fasha duduk manis :). Malah anak bule yang duduk disamping yang banyak gerak. Tapi geraknya bukan mau pegang air tapi mau pegang balonnya Fasha, ..... :).

'Kiri-kanan: Fasha, Rachel, Frances dan Anisa setelah naik Ducks'

Image hosted by Photobucket.comKita diajak keliling darat sebentar, baru masuk ke danau. Yang bikin deg-degan pas mau masuk ke danau dan pas mau keluar dari danau. Hi... ngeri... Tapi pas udah di tengah danau sih udah nggak deg-degan. Seru deh pokoknya :).

Perjalanan memburu stempel dilanjutkan kembali. Setelah terkumpul semua dan ditunjukkan ke panitia Fasha dapat mainan puzzle. Tapi kayaknya Fasha masih belum ngerti, jadi yang main bunda dulu ya...:P. Habis itu kita foto sama Bucky Badger, dulunya adalah maskot football UW Madison, tapi sekarang lebih dikenal sebagai maskot kota Wisconsin.

Image hosted by Photobucket.comSeperti nggak kenal lelah, kita mampir juga ke standnya craft shop. Disini kita bisa membuat topi summer gratis dan dikreasikan sesuai keinginan kita. Jadi topi dasarnya sudah ada, kita tinggal tempel-tempel huruf atau gambar-gambar yang cantik dan lucu-lucu. Tadinya saya cuma buat untuk Fasha aja, tapi ternyata masih banyak topinya ya saya buat juga deh :). Hasil kreasi sendiri the one and only, hehehe... :D. Lumayan, buat kenang-kenangan...




10 comment(s):

gede bgt yah hen bunganya.., jd inget dulu ngapalin namanya rafflesia arnoldi.. wkt jaman sd/smp?
beruntung bgt bisa liat dari deket, gw selama ini cuma liat digambar doang.. hihi..

btw, tadinya pengen jg tuh nyusulin ke mu, sayang bgt mesti nyari parkir jauh gitu, repot lah ya kalo mesti bawa2 dylan.. hehe

By Anonymous Anonymous, at 2:42 AM, June 14, 2005  

wah, beruntung kali dikau bisa melihat langsung bunga bangkai-nya. apalagi mekarnya cuma dua hari kan?
sst, nanya... kalo kita deket-deket 'bau'-nya itu nempel di baju nggak hen?
(sorry, bukan pertanyaan ilmiah)

heni, dikau aktif banget ya menulis... beberapa hari nggak mampir ketinggalan banyak cerita nih...

By Blogger Pipin, at 7:57 AM, June 14, 2005  

wah ternyata asalnya dari Sipirok ya? di Indonesia malah blom pernah liat. btw klo ga salah Sipirok itu di Sumatera Utara bagian barat daya (euh!) deh Hen.. soalnya mertuanya adekku dari situ asalnya.

By Anonymous Anonymous, at 8:50 PM, June 14, 2005  

Asyik yah jalan2 terus. Hebat bunga sumatra udah ada di US. Disini malah pelestariannya kurang perhatian..payah.
bunga2 langka itu memang unik yah, cuman bloom sekitar 2 hari..makanya disebut langka..ha.ha.
Perahu beroda itu mirip duck tournya Singapore yah.
Fasha topinya lucu ada namanya yah? BTW teman2 yg notabene orang barat, bisa gak sebut nama Fasha..he..he.pasti cara manggilnya unik deh..hi..hi.

By Blogger Lili, at 9:24 PM, June 14, 2005  

baru beberapa hari gak kesini udah banyak cerita baru, aku baru tau kalo ada bunga bangkai lain selain raflesia arnoldi, dari sipirok lagi ya itu deket kampungnya suami, makanannya enak2 & udaranya sejuk banget...
Fasha, Daffa mau tuh dibuatin topinya juga

By Blogger danty, at 6:49 PM, June 15, 2005  

Waaa udah ketinggalan banyak cerita.. rapel aahhhh :)

Duh serunya jalan²nya mbak, mana bisa ngeliat bunga bangkai dari dekat. Btw, bau ngga mbak? Fasha hebat deh ngga rewel dibawa jalan²..

By Blogger erfi, at 1:30 AM, June 16, 2005  

waktu de ke bengkulu -tempat asal bunga bangke-, bunga itu belum mekar. Katanya sih mekarnya hanya di periode tertentu yah? jadi belum sempat liat deh

eh...disini nemu potonya. tx for sharing ya hen

By Anonymous Anonymous, at 12:15 AM, June 17, 2005  

Wah, bunganya guedeeee banget ternyata:) baru tau nama laennya Titan Arum, mirip nama-nama film pendekar jaman dulu ya:) hihihi....
Baunya kayak apa tuh Hen? bikin mabok gak?

Asyik ya bisa jalan2 tiap hari. serunya:) itu poto rame2 Fasha kesian amat, hampir gak keliatan:P
Topinya bagus loh! wah bisa buat jualan tuh Hen? heiehehe...

Hepi wiken ya! ditunggu postingan berikutnya:) Sun buat Fasha

By Blogger Liana, at 12:28 AM, June 17, 2005  

Wah hen asyik juga ya...bisa ngeliat dari dekat bunga Titan Arumnya, aku aja belum pernah liat tuh....

Jalan2nya seru banget, untung banget ya...si fasha engak rewel dibawa jalan2 kayak gitu.

Btw, aku lemparin music batonnya ke heni, dijawab ya...n' met weekend.

By Blogger Bunda, at 6:47 AM, June 17, 2005  

tante heniii..mau pesen doong topinyaaa hehe

By Blogger jengnadnet & isya-ayya, at 11:37 PM, June 17, 2005  

Post a comment

<< Home