TENTANG ADANI I

Thursday, July 07, 2005

Children's Museum dan Capitol Building

Hari minggu kemarin kita sekeluarga plus mas Irawan dan mbak Tutut juga mbak Melisa sekeluarga jalan-jalan ke Madison Children's Museum. Setiap hari sabtu awal bulan ada program family day, jadinya admission feenya gratis :). Lumayan kan, ngirit 12 dolar untuk bertiga :). Ya karena gratis, banyak yang dateng lah, jadinya lumayan penuh deh :).

Lokasi Children's Museumnya nggak jauh dari rumah. Mungkin sekitar 15 menit aja pake mobil. Letak museumnya diujung State Street, jalan yang paling ngetob disini, kayak Malioboro gitu :D. Strategis lah....

Image hosted by Photobucket.comIni kedua kalinya kita main kesini. Yang pertama waktu Fasha umur 9 bulan, dan kita dateng museumnya tinggal 15 menit lagi mau tutup. Jadinya kita nggak sempet keliling. Nah yang sekarang seru deh, Fasha kesana dengan temannya, anaknya mbak Melisa (Ditya, 9 tahun dan Widya, 5 tahun), jadinya Fasha seneng banget :).

Pertama kali kita masuk ke lobbynya. Ditengah lobby ada tempat khusus yang alasnya empuk buat anak yang belum bisa jalan, mereka bisa bebas merangkak. Lalu ada juga semacam pinball yang ditaruh di dinding, jadinya bolanya bisa bergerak turun mengikuti alurnya.

Kalo pas bolanya bergerak turun, bunyinya keras banget, gluduk...gluduk..., ternyata bolanya dari bola bilyard, ya terang aja kenceng bunyinya......

Image hosted by Photobucket.comLalu masih di lobby juga ada semacam sungai kecil dari batu-batuan yang ada air terjun mininya, anak bebas megang-megang air. Wah, Fasha kalau udah sama yang namanya air langsung jatuh cinta :D. Dipegang-pegang terus....:P Apalagi airnya dingin, duh,... seger....

Masih di lobby juga ada ruangan semacam dapur dan permainan masak-masakan. Fasha kurang tertarik mainan masak-masakan, langsung kita pindah ke ruangan sebelahnya, yaitu ruangan musik, disitu banyak alat-alat perkusi seperti gendang, xylophone, maraca, tamborin, dll. Seru juga lho liat anak kecil pukul-pukul alat musik. Gemesin...:).

Image hosted by Photobucket.com'Fasha lagi ngintip dari lantai dua'

Lalu kita naik ke balkon lantai dua. Disana ada permainan mencocokan bentuk. Maksudnya bentuk segitiga dimasukkan ke lobang yang bentuknya segitiga juga, bentuk bintang ya dimasukkan ke bentuk bintang juga, dst. Fasha sih seneng banget mainan beginian, berhubung ada anak yang antri mau main juga, ya kita pindah ke permainan selanjutnya.

Kalau permainan yang satu ini sebenarnya mirip-mirip mencocokan bentuk, tapi lebih mudah, bentuknya semuanya lingkaran. Fasha mainnya tinggal masukin aja, nggak perlu mikir bentuk-bentuknya.


Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com

Image hosted by Photobucket.comLalu kita masuk ke lantai 2 beneran, kalo yang tadi kan cuma balkonnya doang :P. Disini permainannya lebih seru. Ada tempat yang namanya The Milking Parlor, yaitu ada 2 patung sapi seukuran sapi beneran, ada alat-alat memerah susu, ada alat sterilisasi susu, ada kaleng susu, pokoknya persis tempat memerah susu sapi beneran. Yang lucu lagi disediakan baju khusus seperti baju petani dan sepatu boot buat si petani cilik :). Tapi Fasha nggak mau dipakein baju itu :).

Fasha malah tertarik sama alat untuk memerah susu sapi. Pas ayahnya coba-coba masang alat itu, Fasha langsung nongkrong di bangku kecil disamping ayah , mukanya sampe takjub lihat perah-memerah susu sapi, hehehe.....

Image hosted by Photobucket.comHabis itu kita masuk ke exhibit yang namanya Dig Into Dinosaurs. Ruangannya seperti laboratorium mini, ada mikroskop, telur dan fosil-fosil dinosaurus, ada buku-buku mengenai dinosaurus, juga ada tempat untuk menggali fosil-fosil.

Tempat untuk menggali dibuat semirip mungkin aslinya, ada batu-batuan dan berpasir. Bagi peneliti cilik, bisa menggunakan jas lab, google khusus seperti kacamata renang, sarung tangan, juga kuas, pura-puranya sebagai penggali fosil dinosaurus. Fasha sih memang nggak mau pake jas lab, tapi gayanya yang pegang kuas terus ikutan nggali pasir, udah mirip tuh kayaknya seperti scientist, cieile....:).

Image hosted by Photobucket.comAkhirnya kita masuk ke ekshibit yang namanya Let's Grow, disana ada miniatur farmer's market, ada cafe mini, dan ada ladang-ladangan. Anak-anak dapat pura-pura menanam sayur dan buah dan ahirnya bisa memanen ladangnya. Lalu hasil sayurnya bisa dijual di farmer's market. Buah dan sayurannya plastik lucu-lucu lho...

'Lagi panen apa nih, Fasha ?'

Pokoknya ladang dan pasarnya persis seperti aslinya :). Cuma untuk pengganti tanahnya dipakai karpet yang sudah dilobang-lobang untuk tempat menanam.

Ternyata muter-muter Children's Museum aja udah capek lho, tapi tetep seneng kok :D. Apalagi Fasha, pastinya seneng banget. Malah kayaknya nggak ada capeknya.....

Keluar dari museum, kita istirahat makan sebentar di state street, langsung perjalanan dilanjutkan ke Capitol Building. Letaknya persis di depan Children's Museum, jadi jalan kaki nggak terlampau capek. Capitol ini tempatnya gubernur kerja. Bentuknya mirip-mirip sama gedung putih. Megah banget :).

Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com

Ini kali pertama saya dan Fasha kesini, duh... takjub. Keren banget... :). Pilar-pilar putih baik di dalam gedung maupun diluar membuat gedung ini tambah megah.

Kita seharusnya bisa ikut tour keliling Capitol gratis lho :). Tapi kita sampe disana udah jam setengah 4 sore, sedangkan tour terakhir jam 3 sore, yah.... lain kali aja deh :). Masuk ke Capitol yang paling berkesan itu dome-nya. Ruangan setengah lingkaran di tengah-tengah gedung, dinamakan Rotunda. Di dinding-dinding Rotunda dipasang mozaik sehingga membentuk beberapa lukisan yang sangat cantik.

Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com

Lalu kita naik ke lantai 4 tempat observatory deck. Dari sana kita bisa melihat 8 penjuru mata angin kota Madison. Capitol ini letaknya ditengah-tengah Madison. Dari atas kita bisa lihat Danau Mendota dan Monona, juga state street, kampus UW, wuih,... keren abizzz..... Mana ukiran-ukiran tembok luar gedungnya juga cantik-cantik. Nggak habis-habisnya saya terkagum-kagum.

Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com

12 comment(s):

wah, fasha seneng juga ya maen ke museum... ntar gedean dikit kayak fafa deh, diajak ke museum nggak mau pulang...

hen, liat anak-anak dengan ekspresi penasaran penuh rasa ingin tahu itu bikin gemes ya? (kayak gambarnya fasha di deket sapi itu) apa ya yang ada di pikiran mereka saat itu? hehe...

By Blogger Pipin, at 4:50 PM, July 08, 2005  

Hen, katanya children museum nya Madison rank 1 lho.. keren banget.. waa.. Fasha pasti seneng banget diajak kesono ya... itu yang lagi merah sapi lucu amat.. ampe jongkok2 bapak ama anak serius benerrr...

By Anonymous Anonymous, at 8:25 PM, July 08, 2005  

Mba Heniiii saya juga tak henti terkagum-kagum dengan kisah dan foto2nya,bagus benerrr. Itulah bagusnya museum disini bisa jadi tempat tujuan menarik untuk anak. Btw,mo ikutan komentar bapak anak nyang serius liat sapi hihi lucu.

By Blogger Lia, at 10:21 PM, July 08, 2005  

puas deh Fasha main di sana.
Mainan2 kayunya bagus2 yah...wah fasha belajar memerah sapi jg yah, dapet berapa liter susunya?..hi..hi.

By Blogger Lili, at 4:12 AM, July 09, 2005  

capitol buildingnya bagus bgt yah hen.., jd pengen tau jg, apa di state lain bgn dalemnya jg sebagus itu, atau malah mungkin lebih ok kali ya.., soalnya kalo liat dari luarnya, sekilas kok sama semua yah bentuknya di tiap state.. :D

btw, children museum tuh ternyata bayar yah bo.., mudah2an ntar dylan udah gedean bisa gw ajak kesitu jg tuh..

By Anonymous Anonymous, at 11:31 AM, July 10, 2005  

bagus sekali capitol buildingnya ya, musium anak2nya juga asik fasha keliatan serius banget, pasti lucu kalo mau dipakein jas lab, atau seragam buat milkingnya

By Blogger danty, at 5:51 PM, July 10, 2005  

Asyiknya, jalan-jalan sekaligus bisa belajar:) edukatif sekali ya Hen:) jaraknya deket pula:)
Dan sepertinya kamu pinter banget cari tempat-tempat hiburan yang menyenangkan buat Fasha & keluarga:) disana emang banyak museum yg keren2 gitu ya Hen?

btw, ttg leot. gonta-ganti karena kemaren tuh sempet ngerasa warna background image ama background colornya gak matching Hen:) ternyata susah juga matching warna di blog, kirain dah klop, waktu diliatin lagi berbeda juga:) mudah-mudahan leot ini betah dipake.
well, hepi monday ya!

By Blogger Liana, at 7:20 PM, July 10, 2005  

hehehe.. baru kok Hen.. itu juga sempet stuck kenapa di IE kok gak smooth. ternyata ada tag CSS yg behaviournya gak seperti yg aku harapin :(.

have a nice week ya :)

By Anonymous Anonymous, at 12:03 AM, July 11, 2005  

aku juga ikutan ah tante..terkagum-kagum hi..hi.. keren banget yah museum disana, kak fasha mikirin apa tuh kayaknya serius banget..

By Blogger House of Covenant, at 4:09 AM, July 11, 2005  

Bagus museumnya ya Hen. Sbenarnya kita juga punya museum yang bagus, hanya pengelolaannya kurang bagus. Banyak debu, gag terawat, Toilet aja kadang jorok. Museum IPTEK di TMII juga bagus buwat anak-anak.Cuman tidak terawat itu loh Hen...
Gag enaknya negara kita emang gag teratur ya. Ngantri aja kadang tidak membudaya. Dan itu ada dimana-mana. Belom lagi yang buang sampah sembarangan. Tapi yagimana lagiy, tetap negara kita tercinta. Klow smua orang berpikir seperti Aa Agym, Mulai dari yang kecil, dari diri sendiri dan mulai dari sekarang. Wah bisa kok negara kita tertib. Pi mungkin orang berpikir, "klow cuman gw yang tertib apa ngaruhnya...." He...he...

By Blogger Rahmi Sukma, at 7:04 AM, July 11, 2005  

Untungnya kmaren pas macet-macetan Anak-anakku tiduuuur...

By Blogger Rahmi Sukma, at 7:05 AM, July 11, 2005  

bagus banget ya museum disana terawat gitu jadi pengunjung pada betah dan anak2 juga antusias banget. Fasha ajak2 dong kalo ke museum lagi ;)

By Blogger Elyn Sigit, at 6:58 PM, July 11, 2005  

Post a comment

<< Home