TENTANG ADANI I

Sunday, September 18, 2005

Blog dan Postingan Buat Apa?

Mungkin topik ini sudah nggak asing lagi buat temen-temen semua. Dan lagi sudah banyak yang posting mengenai tujuan mereka membuat blog. Yah,... tujuannya macam-macam dan yang pasti kami sangat menghargai tujuan-tujuan itu.

Blog bagi kami itu merupakan kebebasan berekspresi. Apapun yang ditulis itu ya sah-sah saja. Kalau misalnya ada seseorang yang menulis di blognya mengenai habis jalan-jalan, habis beli sesuatu atau menceritakan anaknya itupun bagi kami sah-sah saja. Janganlah cerita-cerita itu membuat iri. Setiap orang ada rejekinya masing-masing. Dan lagi harus juga dilihat apa tujuan mereka menulis itu. Untuk pamer kah? Untuk sekedar informasi kah? atau lainnya. Kenapa kok kami kali ini membuat postingan ini tolong dibaca sampai selesai ya.

Begini, saya dan keluarga sekarang tinggal jauh dinegeri negeri orang bukannya untuk bersenang-senang. Kami sebenarnya dengan berat hati meninggalkan keluarga di Indonesia dengan satu tujuan yaitu demi menuntut ilmu. Kami pun sudah pasrah dan sudah menyadari betul bahwa kemungkinan terburuk dapat terjadi pada keluarga kami di Indonesia selama kami disini.

Pada kenyataannya memang terjadi begitu banyak kejadian yang menimpa kami, seperti wafatnya ibunda saya tercinta yang mas Dadit tidak sempat pulang ke Indonesia melihat beliau untuk terakhir kalinya. Dan sayapun sudah harus terbang ke Madison seminggu setelah wafatnya ibu. Juga sekitar 4 bulan yang lalu sewaktu ayahanda mas Dadit wafatpun, kami bertiga tidak sempat kembali ke Indonesia. Tetapi semua itu memang sudah kehendak Allah Yang Maha Pengatur. InsyaAllah kami di Madison dan keluarga di Indonesia dapat menerima keadaan tersebut denngan tabah dan hati ikhlas.

Jarak yang jauh menghambat kami berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia, terutama dengan eyang kakung (dari sisi saya) dan eyang putri (dari sisi mas Dadit). Karena bagaimanapun juga ada cucu mereka, Fasha yang masih lucu-lucunya yang tinggal jauh dari beliau berdua. Apalagi bagi eyang kakungnya Fasha adalah cucu pertama dan satu-satunya.

Untuk sering-sering berkomunikasi dengan telepon akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengirim surat akan lama sampainya. Alhamdulillah sekarang ada fasilitas internet sehingga kita di Madison (dengan free High Speed Internet dari apartemen kampus tempat kami tinggal) mempermudah komunikasi. Untuk mengirim khabar lewat email juga sering kami lakukan, tetapi dengan trend sekarang adanya perblogan ini kami pikir akan lebih mudah, karena selain eyang-eyangnya Fasha dapat lebih cepat dan mudah mengetahui perkembangan cucunya, juga bagi kami sendiri selaku orang tuanya blog ini dapat menjadi diary, dapat menulis kegiatan dan milestone anak kami setiap saat yang nantinya bila mereka sudah dapat membaca akan mengerti bagaimana masa kecil Fasha (dan InsyaAllah adik-adiknya juga nantinya) dahulu.

Selain itu ada juga satu alasan lainnya kenapa kami membuat blog ini. Ini kami sebut sebagai alasan bonus. Karena kami dapat menambah banyak teman dari seluruh penjuru dunia meski belum pernah bertatap muka tapi kami sudah merasa sangat dekat. Dengan banyaknya teman, kita dapat saling bertukar pengalaman, bertukar cerita. Kita juga dapat saling bertukar ilmu yang semuanya InsyaAllah dapat menambah pahala kita.

Pasti banyak yang bertanya kenapa kok saya menulis postingan ini dan kenapa baru sekarang kami membuat postingan masalah perblogan dan postingan ini.

Sekali lagi kami hidup disini tidak berfoya-foya. Kami pun masih mendapat bantuan (karena mas Dadit student dan Project Assistanship) dari pemerintah sini berupa bantuan dari WIC dan CCTAP untuk Fasha. Mungkin bagi teman-teman student yang berdomisili di Amerika sudah tidak asing lagi dengan nama-nama diatas.

Dengan dana yang terbatas kami harus banyak menabung bila ingin melakukan sesuatu yang bagi kami tergolong mewah, seperti jalan-jalan (terlebih kalau mau ke luar state). Dan kami sudah sangat senang dapat menghabiskan waktu sabtu-minggu sekeluarga. Kalau hari kerja mana mungkin kita dapat berkumpul seharian bertiga.

Beruntunglah Amerika negara maju, sehingga banyak fasilitas-fasilitas umum yang GRATIS disini, seperti museum-museum, taman-taman, Capitol Buliding, theatre, library, dan banyak lagi. Tempat-tempat seperti itulah yang kami manfaatkan. Selain untuk berekreasi, juga library, museum, dsb itu bisa menambah ilmu dan pengalaman. Bisa dihitung dengan satu tangan saja kami pergi keluar state yang pastinya membutuhkan dana lebih. Bukannya kami disini irit atau pelit, tapi memang keadaannya yang menuntut begitu.

Kami sudah cukup merasa senang dan bersyukur dengan apa yang kami jalani sekarang ini dan masa-masa nanti. Bagi saya dan mas Dadit kita harus menerima dan menghargai apa yang sudah kami dapatkan. InsyaAllah itu membuat kami selalu mawas diri, tidak iri dengan apa yang orang lain dapatkan dan miliki.

Postingan-postingan mengenai keluarga kami terutama Fasha dan juga kegiatannya seperti jalan-jalan itu semata-mata agar orang tua kami (eyang-eyangnya Fasha) juga dapat ikut merasakan kebahagiaan. Demi mengobati rasa kangen dan juga agar hubungan eyang-cucu dan orangtua-anak tetap terjalin. Blog dan postingan-postingan itu kami tulis juga sebagai ungkapan rasa sayang kami terhadap keluarga di Indonesia.

Makanya kami SANGAT SEDIH DAN PRIHATIN apabila masih ada yang menganggap : 'hidup di luar negeri itu enak', lalu juga 'bisa jalan-jalan kemana aja dengan mudah', atau 'jalan-jalan terus tiap minggunya' (sekali lagi kami tekankan kami selalu lebih suka pergi ketempat yang murah apalagi kalau ada yang GRATIS). Atau juga 'menulis postingan yang bagus-bagusnya aja' . Lha! buat apa kami menulis yang jelek-jelek atau yang susah-susahnya. Bukankah itu akan menambah beban pikiran orang tua kami yang sudah sepuh di Indonesia ? Biarlah masalah yang jelek-jelek ataupun yang susah-susahnya menjadi masalah pribadi kami disini.

Bagi kami yang penting kumpul bertiga sekeluarga. Dan beban kami tinggal disini itu juga berat, tinggal jauh dari orangtua dan tidak sempat mengucapkan selamat jalan bagi almarhum-almarhumah orang tua kami. *Mungkin juga banyak teman-teman yang tinggal jauh di Indonesia yang mendapatkan pengalaman serupa*

21 comment(s):

Setuju, Hen !!!!
Aku juga buat blog dengan tujuan agar keluarga dan teman2 di Indonesia tahu perkembangan kita disini.
Selain juga kita bisa dapet teman2 baru di dunia maya. Abis kan cape juga kalo ngirim2 foto by email ke Jakarta. Kalo telponan kayaknya ngak afdol kalo ngak disertai foto2 biar yang di Indonesia juga bisa ngebayangin donk!!!
Emang sedih banget yaa...karena jauh kita ngak bisa pulang sesukanya menemui orang2 yang kita cintai.
Tahun pertama aku tinggal di Geneve, aku belum merasa sedih. Karena kan baru datang ke eropa, masih seperti turis. Apalagi masih pengantin baru, banyak keluarga yang dateng kesini dan juga masih sering jalan2 ke negara2 tetangga, sempet pulang ke jakarta pula. Naaaahhh.., sekarang ini yang berat bagi aku di tahun kedua. Karena aku dah mulai sekolah...., udah mulai sedikit kesepian.., kangen sama keluarga tapi belum ada libur...waahhhhh, sedih banget deh. Walaupun bisa telpon tiap hari tapi tetap aja aku ngak bisa bilang kangen ke Ibuku karena takut malah Ibuku jadi sedih. Yang ada kalo telpon, aku cerita2 aja yang seneng2 sambil ketawa2 padahal seh abis tutup telpon langsung deh nangis...

By Anonymous Anonymous, at 5:27 AM, September 18, 2005  

hello Hen, apa kabar? Gue masih tetep posting kok apalagi soal perkembangan David :) tapi di LJ bukan di dekap :)
Sun sayang buat Fasha :)

By Anonymous Anonymous, at 7:06 AM, September 18, 2005  

Hi Hen ... yah orang kalu baca blog orang, interpretasinya emang beda2 yach. Bikin disclaimer aja, Hen ... biar yg mo baca blog elo jadi aware gitu apa tujuan elo.

Gw sendiri punya 2 LJ: satu yg untuk public and yg lagi untuk friends only. Tujuan LJ public adalah keluarga so comments setting gw disable-in aja, and isi LJ public ya sekedar update kehidupan kita. Kalu LJ yg friends only, nah elo tau ndiri isinya lebih crunchy ... heheheh krn pan temen2 doang yg bisa baca so gw ngerasa lebih nyaman untuk berekspresi.

By Anonymous Anonymous, at 8:18 AM, September 18, 2005  

Bener banget Mba Hen...kita menikmati apa yang bisa kita dapatkan disini dengan segala fasilitasnya yang belum tentu kita dapatkan di Indonesia sana, kita ceritakan semuanya untuk dikenang suatu saat, untuk dibagi dengan yang lain, obat kangen orang tua dsb. Banyak banget manfaat blog ini saya fikir...
Btw, saya justru seneng kalo baca2 cerita jalan2 dan cerita anak2 seru2...apalagi yang amrik sini, yang notabene memungkinkan untuk didatengi hihi kalo punya duitnya tapi.
Salam buat Fasha ya Mba...!

By Anonymous Anonymous, at 11:36 PM, September 18, 2005  

huehehe.. itulah resikonya hen ngeblog.. aku udah sering kuping panas diomongin sana-sini.. ampe yang doyan ngegosipin ngebentuk geng sendiri... aiiiih, segitunya deh aww... :D

tapi lama-lama jadi kebal jugag.. huuuu, biarin aja deeey... mo dibaca sukur, gag mo baca ya sukur... mo komen sukur, gag mo komen ya sukur...

mo kasih saran sukur, mo kasih duit ya lebih sukur lagiiiy.. bvwakakaka...

By Anonymous Anonymous, at 11:54 PM, September 18, 2005  

Mba Hen...balik lagi, nanya itu CCTAP apaan sih? rasanya baru denger...liat bantuan2 begitu teh mata jadi mendelik kesenengan hehe...maklum kita tea yang student dengan income yang semua orang tau hihi. Makasih ya Mba...

By Anonymous Anonymous, at 12:25 PM, September 19, 2005  

banyak aja orang iseng ya, ya gak pa2 dong kita mo nulis apa aja wong blog juga blog kita sendiri kok, memang bener ya kata mbak astri ada yang bentuk geng gosip he...he..he..
tenang aja hen kita2 tetep setia & gak berprasangka macem2 kok, malah banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari mbaca blog kamu, ttg perkembangan anak, ttg tempat2 bagus di madison sana, mana tau ada kesempatan kesana kan bisa jadi referensi he..he..kalo gak juga kan baca ceritanya aja udah seneng kok udah sukur lagi mo bagi2 cerita
thanks tipsnya buat tidur sendiri ya, aku kok gak tega anak masih 4 bulan dah tidur sendiri lagian kalo ada apa2 gimana walaupun lebih mudah membiasakannya, tapi kalo Daffa memang udah pantes ya

By Blogger danty, at 7:29 PM, September 19, 2005  

Ternyata ada orang yang iseng juga ya Hen? Klopun ada gag usah didenger.... Insya Allah Ghazy dan Haura gag gitu deh yaaa.
Klo aku sebenarnya awalnya ingin mendokumentasikan milestone anak agar kelak ia punya kenangan. Tapi ternyata dibalik itu aku bisa dapat saling berbagi pengalaman masalah perkembangan anak. Pengalaman man teman bisa jadi masukan buatku.
Klopun aku jauh di negeri orang, aku pasti akan melakukan hal yang sama ma Heni, agar Nenek-Neneknya juga bisa mengetahui perkembangan cucu2nya. (Kakek Ghazy dan Haura dua2nya dah gag ada.)

By Blogger Rahmi Sukma, at 8:25 PM, September 19, 2005  

wah..curhatnya ibu ini, he..he.. setuju ah, bikin blog itu lebih banyak asiknya daripada ruginya.

psst, Hen..lagi rindu kampung halaman yah.. suka dukanya tinggal di luar negri yah, dijalani aja yang penting smua cita-cita someday terwujudkan..

By Blogger House of Covenant, at 10:02 PM, September 19, 2005  

Maksudnya susu cair yang susu cair kotakan itu ya Hen?
Beberapa kali aku beliin tapi gag gitu doyan. Haura suka semua susu formula, malah susu Uda Ghazy aja diembat ma dia. He he he. Cuman susu cair itu belum begitu suka. Malah sbenarnya praktis ya. Nanti kucobain lagi kali ya Hen. Klo Jus, Fasha suka Jus apa Hen?
Tengkyuuu ya Hen.

By Blogger Rahmi Sukma, at 11:59 PM, September 19, 2005  

Aduh Hen, yang sabar yaa.. seperti aku pernah nulis di sini, sekejam2nya ibu kota masih lebih kejam dunia maya :D. Biarin aja, terserah orang mo ngomong apa. Yang penting kita yakin bahwa kita ngblog dengan tujuan baik dan dilakukan dgn cara yang baik juga :).

Aku pas masih di Jerman juga gitu, punya website (waktu itu blom musim blog). Trus ada yang komen sinis, bilang ternyata beasiswaku yang notabene uang rakyat cuma dipake buat jalan2 doang. Hohohoh.. itu mah pinter2nya gue aja ngatur duit, ya gak? Yang penting kan sekolah tetep jalan dan kelar dgn hasil lumayan. Emangnya gw suruh ngajentul doang di kamar sampe jamuran? Hehe..

Keep blogging, keep sightseeing, keep enjoying your (real and virtual) life!

By Anonymous Anonymous, at 12:57 AM, September 20, 2005  

Anjing mengonggong, Kafilah berlalu.
So, happy2 ajah dehkita...hidup mbak Heni. Hidup blogger.
Pasang terus kegiatan Fasha yah Hen.
Semangat, Never Give Up, Ganbatte ne, Zhia You...

By Blogger Lili, at 6:17 AM, September 20, 2005  

Setuju Hen!!
Emang kl belum pernah tinggal di LN, orang cenderung kira tinggal di LN itu enak, emang sih enak, tapi banyak juga susahnya kan. Nah yang susah/nggak enak kan nggak perlu ditulis.. Yg positive dan bagus2 lebih baik untuk ditulis kan.

Aku nih salah satu pembaca setia blognya Heni lho *walaupun baru aja hiatus.. hihi..* Blog Heni sama sekali nggak ada kesan pamer/nyombong, malahan enak dibaca kayak baca novel gitu. Jadi kalo ada yg agak2 sinis mah jangan didengerin ya, Hen. Keep blogging! Hidup Blogger! :)

By Blogger agnes, at 12:17 PM, September 20, 2005  

maksud aku yg tega sih bule ya bukan kita he..he

By Blogger danty, at 6:48 PM, September 20, 2005  

Mba Hen...makasih info CCTAP-nya ya. Iya disini juga ada bantuan dari Univ untuk grad. student yang TA/RA untuk masukin anaknya sekolah di Child Care dengan gratisnya. Pun makasih buat info adenoidnya, maunya saya juga nunggu gede gitu lo operasinya atau malah seneng kalo ngilang. tapi tyt memarah euy nafasnya, apalagi tidur sudah terhambat bgt. Mudah2an lancar aja deh!.

Ayoo updet2 hehe!! Fasha kemana fall begini?? dah mulai dingin euy di Amherst mah.

By Blogger Lia, at 10:00 PM, September 21, 2005  

deeja: "te heni, makasih banyak yah buat bday greetingsnya :) hugsies"

astri: hen, artinya kita kenal udah ampir setaon yah? gile ye cepet bener :D

By Anonymous Anonymous, at 1:03 AM, September 22, 2005  

deeja: "te heni, makasih banyak yah buat bday greetingsnya :) hugsies"

astri: hen, artinya kita kenal udah ampir setaon yah? gile ye cepet bener :D

By Anonymous Anonymous, at 1:03 AM, September 22, 2005  

Iya Heni, blog itu sebenernya terserah kita mo ngomong apa, orang mo terima syukur, enggak syukur.

Pengorbanan pasti ada hasilnya, sabar aja sampe suami lulus skolah, semoga dpt kerjaan yg prospeknya bagus.

Gw salut ama keluarga elo Hen !

By Anonymous Anonymous, at 3:23 PM, September 22, 2005  

Halo Hen, apa kabar...?

By Blogger ris-SAN-iel, at 8:14 PM, September 22, 2005  

ikutan komen boleh kan ya mbak. saya punya temen & saudara yg tinggal di luar negeri. semua sih mikirnya mereka hidup enak di sana. tp, entar dulu. kalau boleh memilih mereka lebih suka di indonesia. alhamdulillah, sekarang komunikasi lebih mudah. bisa e-mail, bisa sms dan ditambah blog. tp, itulah, gak semua orang seneng ngeliat kita nge-blog. dan, kita memang gak mungkin menyenangkan semua orang. jadi spt kata ummi lili: biar saja orang ngoceh, nge-blog jalan terus, wassalam.

By Anonymous Anonymous, at 8:31 AM, September 23, 2005  

bener Hen.. bodo amat orang mo ngomong apa.. kalo ngomong jelek tandanya syirik.. cuekin aja.. jgn dimasukin ke hati..

Lagian blog ini kan punya pribadi.. terserah pribadi masing² dong mo nulis apaan.. tul ngga..? :)

By Blogger erfi, at 11:29 PM, September 27, 2005  

Post a comment

<< Home